Selasa, 11 November 2014

TEKNIK DASAR BERMAIN SEPAK BOLA

Teknik dasar bermain sepak bola perlu dipelajari dan dipahami bagi mereka yang ingin bermain sepak bola dengan baik dan benar. Bermain sepak bola dengan teknik dasar yang benar sama artinya membuat landasan yang kuat menjadi pemain yang handal dan juga memudahkan pemain untuk meningkatkan kemampuannya dalam bermain sepak bola.
Dibawah ini kita akan membahas teknik dasar yang perlu diketahui oleh pemain atau calon pemain sepak bola.

Tehnik Menendang Bola

Pengertian menendang bola adalah memindahkan bola dengan kekuatan kaki. Tujuan menendang bola untuk mengumpan atau melakukan passing, dan mengarahkan bola kegawang untuk mencetak gol atau shooting. Tehnik menendang bola bisa dibedakan menjadi beberapa tipe yaitu :

menendang bola dengan kaki bagian dalam. Trik menendang bola dengan kaki bagian dalam ini biasanya dilakukan untuk memberi umpan bola pendek. Ciri – ciri gerakannya antara lain : Badan pemain menghadap bola, Kaki tumpu (biasanya kaki kiri) berada dekat disamping bola, kaki tendang (biasanya kaki kanan) ditarik kebelakang dengan sedikit tekukan atau tumit sedikit diangkat lalu diayunkan kearah bola, kaki bagian dalam bertemu dengan bola. Setelah bola ditendang diikuti dengan gerakan berlari.

Menendang bola dengan kaki bagian luar. Trik menendang bola dengan kaki bagian luar juga biasanya dilakukan untuk memberi atau mengoper bola pendek. Tips menendang bola dengan cara ini adalah : Tubuh pemain menghadap bola, jarak kaki tumpu dengan bola sekitar 30cm, ujung kaki menghadap arah bola atau sasaran dan lutut ditekuk sedikit, kaki tendang ditarik kebelakang sedikit diangkat dan ujung kaki menghadap kedalam lalu diayunkan ke arah bola, punggung kaki menyentuh bola tepat ditengah, gerakan lanjutan kaki tendang diangkat serong sekitar 45 derajat menghadap sasaran atau arah bola.

Menendang bola dengan punggung kaki, tehnik menendang bola dengan punggung kaki biasanya dilakukan untuk mencetak gol atau tendangan kearah gawang. Cara menendang bola dengan punggung kaki adalah : Body pemain menghadap bola dan sedikit condong kedepan, kaki tumpu berada disamping bola dengan ujung kaki menghadap sasaran dan lutut kaki tumpu sedikit ditekuk, kaki tendang ditarik kebelakang punggung kaki tendang menghadap sasaran, kaki tendang ditarik kebelakang dan ayunkan mengenai bola dengan kekuatan penuh, punggung kaki penuh membentur bola dan tepat ditengah-tengah bola, gerakan lanjutan kaki tendang diangkat menghadap sasaran atau gawang.
david beckham sedang memperagakan teknik menendang bola
David Beckham dengan Teknik Menendang Bola

Teknik Menghentikan Bola

Teknik dasar bermain sepak bola berikutnya adalah menghentikan bola atau stopping. Tujuan menghentikan bola antara lain untuk mengontrol bola agar kita mampu menguasai bola, mengatur tempo permainan sepak bola, mengalihkan arah permainan dan memudahkan kita untuk mengumpan bola atau passing. Teknik mengontrol bola adalah dengan cara: posisi badan pemain berada dititik datangnya bola, kaki tumpu menghadap kearah bola dan lutut kaki tumpu ditekuk sedikit, kaki yang akan digunakan untuk mengontrol bola diangkat sedikit dan kaki bagian dalam dijulurkan kedepan untuk menyambut datangnya bola, bola menyentuh kaki bagian dalam lalu dikontrol hingga pemain dapat menguasi bola. Teknik mengontrol bola bisa dilakukan dengan banyak cara antara lain dengan punggung kaki, dada, paha, dan kadang bisa juga dengan menggunakan kepala pemain.
pemain bertahan anchester United mencoba menghadang pemain FC Porto dengan teknik menghentikan bola
Teknik Menghentikan Bola

Teknik Menggiring Bola

Cara menggiring bola adalah dengan menendang bola secara pelan dan sering atau terputus – putus. Bagian kaki yang digunakan masih sama dengan kaki saat menendang bola. Tujuan menggiring bola adalah untuk menyerang atau mendekati daerah pertahanan lawan, melewati hadangan lawan dan mengatur permainan. Cara menggiring bola dalam sepak bola : Posisi kaki menggiring bola sama posisinya saat menendang bola, kaki yang digunakan menggiring bola tidak ditarik kebelakang seperti saat menendang bola tapi hanya diayunkan perlahan kedepan, Setiap langkah kaki usahakan menyentuh bola secara teratur atau mendorong bola agar bergulir kedepan, jarak kaki dengan bola harus selalu dekat atau terjangkau agar tetap terkontrol, pada saat menggiring bola kedua kaki sedikit ditekut agar bisa menguasai pergerakan bola, pada saat menyentuh bola, pemain memandang kearah bola lalu kemudian memandang situasi lapangan
gambar menggiring bola
Gambar Menggiring Bola



0 komentar:

Posting Komentar