Jumat, 07 November 2014

ISTILAH DALAM SEPAK BOLA

Ada banyak sekali Istilah dalam sepak bola yang bisa menambah wawasan kita terutama dalam bidang olah raga bola sepak. Untuk para pemain sepak bola atau anda yang hoby bermain bola kaki, istilah – istilah dalam sepak bola ini wajib anda ketahui. Anda yang gemar menontot pertandingan sepak bola di televisi juga perlu tahu istilah sepak bola yang sering di ucapkan oleh komentator supaya tidak bingung ketika komentator tersebut berbicara. Tanpa perlu panjang lebar lagi mari sama-sama kita simak :

Istilah – Istilah dalam Sepak Bola

Posisi Pemain

KIPER

Dalam bahasa Inggris istilah ini disebut Goal Keeper atau biasa disingkat GK adalah seorang penjaga gawang yang bertugas menghalau bola dari serangan lawan dengan seluruh anggota badannya terutama tangan agar bola tidak masuk kedalam gawang. Posisi awal seorang Kiper berdiri persis dibawah mistar gawang. Biasanya kostum keeper berbeda dengan pemain lain, perbedaan yang mencolok adalah warna kostum yang sengaja dibedakan dan sarung tangan khusus yang wajib dikenakan oleh Kiper. Tinggi ideal seorang Kiper adalah 180 cm keatas, hal itu bertujuan untuk memudahkannya menjangkau bola – bola tinggi atau untuk menepis bola yang melaju disudut gawang.

BEK

Istilah Bek dalam bahasa Inggris disebut Center Back atau disingkat CB adalah pemain belakang yang berada di garis pertahanan tugas utamanya menghadang pemain lawan terutama pemain depan. Postur ideal pemain bertahan ini Tinggi Besar, tujuannya untuk memudahkan merebut bola dari pemain lawan. Posisi awal Center Back didepan Kiper atau digaris depan kotak pinalti. Posisi Center Back atau Bek tengah ini biasanya diisi oleh 2 – 3 pemain.
Selain CB (Center Back) masih ada posisi lain yang berfungsi sebagi Bek yaitu Side Back atau Bek Sisi biasa disingkat SB. Side Back ini bertugas untuk menghadang pemain lawan di sisi lapangan. Syarat Ideal untuk pemain SB ini adalah mempunyai kecepatan berlari, tujuannya selain berperan sebagai pemai bertahan, pemain SB ini biasa membawa bola melalui sisi lapangan ke daerah pertahanan lawan dan mengumpan bola ke depan gawang lawan. Posisi awal pemain SB ini adalah disisi kanan baris pertahanan (Right Back / RB) sejajar dengan CB dan disisi kiri baris pertahanan (Left Back / LB) sejajar dengan pemain CB. Posisi pemain LB dan RB dalam formasi tertentu bisa lebih maju kedepan (LWB dan RWB) tujuannya untuk menerapkan pola permainan menyerang.

GELANDANG

Tugas yang paling mendasar dari seorang gelandang adalah menyalurkan bola dari pemain bertahan kepada pemain depan / penyerang dan merebut bola dari pemain lawan. Posisi awal pemain Gelandang adalah di tengah lapangan. Gelandang bertahan (DM) berdiri didepan Bek, gelandang sayap (RM dan LM) serta gelandang tengah (CM) berdiri digaris tengah lapangan. Sedangkan gelandang serang (AM) berdiri di area lapangan lawan.
singkatan istilah posisi pemain sepak bola
Posisi pemain sepak bola
Pemain gelandang terutama gelandang tengah dan gelandang serang dituntut memiliki skill teknik sepak bola yang mumpuni karena gelandang memiliki fungsi sebagi mesin / motor serangan. Umpan – umpan akurat dari gelandang ini sangat diharapkan untuk membantu pemain depan mencetak gol. Gelandang tengah umumnya memiliki fungsi ganda yakni bertahan dan menyerang. Sedangkan gelandang bertahan berfungsi sebagai pertahanan lapis pertama, tugasnya adalah merebut bola dari kaki lawan baik yang datang dari sisi kiri, kanan atapun tengah lapangan.

PENYERANG

Istilah dalam bahasa Inggris untuk penyerang adalah Striker adalah pemain depan yang bertugas untuk mencetak gol ke gawang lawan. Seorang striker sepak bola haruslah memiliki skill yang tinggi agar ia mampu melewati barisan pertahanan lawan dan akhirnya mencetak gol. Berdasarkan posisinya striker sepak bola terbagi menjadi tiga yakni penyerang tengah atau Center Forward (CF) atau sering juga berfungsi sebagi penyerang murni, Penyerang bayangan atau penyerang lubang dalam bahasa Inggris disebut Second Striker (SS) bertugas membantu penyerang tengah (CF), Penyerang sayap atau Wings Forward (WF) berada disisi kanan (RW) dan kiri (LW) tugas utamanya memberikan umpan kepada penyerang murni untuk dikonfersi menjadi gol.




0 komentar:

Posting Komentar