Rabu, 17 Desember 2014

Hasil Drawing 16 Besar Liga Champions 2014/2015

Hasil drawing Liga Champions babak 16 besar yang berlangsung di Nyon, Swiss pada Senin 15 Desember 2014 sudah resmi di umumkan. Sebelumnya acara tersebut dibuka langsung oleh Sekretaris Jendral UEFA Gianni Infantino lalu kemudian Giorgio Marchetti yang menjabat sebagai Direktur kompetisi UEFA. Acara drawing 16 besar liga champions tersebut juga dihadiri oleh Karl-Heinz Riedle, duta final liga champions 2014/2015 di Berlin.

Hasil Drawing 16 Besar Liga Champions Eropa 2014-2015
Hasil Drawing 16 Besar Liga Champions

Pada drawing pertama muncul nama Paris Saint-Germain yang akan berhadapan dengan Chelsea. Di Liga Champions tahun lalu kedua Tim ini pernah bertemu di babak quarter final, Chelsea menang dengan agregat skor tandang dimana PSG tidak mampu mencetak satu gol pun saat bertandang ke Stadion Stamford Bridge, sedangkan Chelsea mampu melesakkan 1 gol di Parc des Princes.

Tahun ini PSG VS Chelsea bertemu lebih awal, secara kualitas pemain kedua Tim ini terbilang sama kuat. Chelsea yang memuncaki Group G tanpa terkalahkan tentu ingin mengulangi kenangan manis saat mengalahkan PSG di quarter final liga champions tahun lalu. Sebaliknya PSG meski hanya berstatus sebagai Runner-up tak ingin mengulangi kesalahan, Pemain bertahan PSG, Marquinhos bertekad untuk berlatih dan bekerja keras demi memenangkan 2 pertandingan melawan Chelsea.

"Ini adalah pertandingan yang sangat menarik dimana dua Tim besar akan memainkan dua laga untuk memperebutkan 1 tiket ke babak 8 besar"

Pada drawing kedua ada nama Manchester City yang akan melawan Tim raksasa Spanyol, Barcelona. The Citizen harus bekerja keras jika ingin lolos ke babak perempat final liga champions, pasalnya mereka kalah dua kali dari Barcelona di liga champions tahun lalu, apalagi jika Manchester City tidak dengan skuad terbaiknya.

Kemenangan atas As Roma di laga pamungkas fase group kemarin tidak bisa dijadikan patokan Manchester City akan mampu mengalahkan Barcelona. Terlebih saat ini Barcelona sedang dalam performa terbaik, ditambah lagi dengan semakin membaiknya penampilan Luis Suarez.

"Ini Liga Champions, Manchester City tak boleh lengah sedikitpun jika ingin lolos ke babak 8 besar. Barisan pertahanan yang solid mungkin akan membantu meredam penyerang Barcelona yang haus gol"

Di drawing ketiga terpampang nama Bayern Leverkusen VS Atletico Madrid. Dibandingkan dengan runner-up lainnya yang menjadi kandidat penantang, Atletico Madrid patut bersyukur karena bertemu dengan Bayern Leverkusen. Namun meski hanya keluar sebagai runner-up group C Leverkusen bukanlah Tim yang mudah, Gabi dan kawan-kawan patut mencatat bahwa Bayern Leverkusen berstatus peringkat tiga Bundesliga.

Direktur Olah Raga Bayern Leverkusen mengungkapkan "Bertemu dengan Atletico Madrid adalah tantangan yang berat, mereka adalah juara bertahan La Liga. Tapi kami memiliki peluang". Atletico Madrid pernah bertemu dengan Bayern Leverkusen di fase group liga champions 2010/2011 lalu.

"Apapun hasilnya, kedua Tim harus siap bertarung untuk merebut 1 tiket ke babak 8 besar. Undian tetaplah undian, pada akhirnya tidak ada lawan yang mudah".

Pada undian selanjutnya keluar nama Juventus VS Borrusia Dortmund. Meski berstatus sebagai juara Group D, penampilan Borrusia Dortmund di Liga lokal sangat tidak meyakinkan, hal ini dibuktikan dengan posisi mereka yang masih berada dipapan bawah. Keadaan ini bisa dimanfaatkan oleh Juventus untuk membalas kekalahan mereka di final liga champions 1995/1996.

Terlebih performa Juventus di Liga Italia sangat meyakinkan, sampai saat ini Juventus masih memuncaki klasemen liga Calcio. Jurgen Klopp mengungkapkan "Bertemu dengan Juventus akan menjadi masalah besar, mereka adalah Tim terbaik Italia saat ini dan mereka sangat berpengalaman".

"Kontradiksi penampilan Dortmund di Bundesliga dan Liga Champions membuat Tim ini diragukan akan mampu mengalahkan Tim Elite Italia, Juventus. Tapi Dortmund hebat di Liga Champions".

Pada drawing ke-5 Tim asal Jerman Schalke 04 harus berhadapan dengan sang juara bertahan liga champions, Real Madrid. Kejutan bisa saja terjadi tapi rasanya akan sulit menjadi kenyataan mengingat performa luar biasa Real Madrid saat ini. Saat ini El-Real tak terkalahkan dalam 20 laga disemua kompetisi.

Kemungkinan besar Real Madrid tidak akan menemukan kendala berarti untuk melaju kebabak selanjutnya. Namun kutukan "Kemenangan Sempurna" di babak penyisihan group bisa saja menghantui klub elit Spanyol tersebut.

"Sampai saat ini, semua Klub yang berhasil meraih kemenangan sempurna di babak fase group tidak pernah menjadi juara liga champions, apakah kutukan itu berlaku untuk Real Madrid?"

Di undian ke-6 muncul nama Shakhtar Donetsk yang harus berharap banyak pada keberuntungan mengingat lawan mereka adalah Bayern Munchen. Menariknya pertandingan Shakhtar Donetsk VS Bayern Munchen belum pernah terjadi sebelumnya.

Olexandr Gladkiy, Penyerang Shaktar Donetsk mengungkapkan "Akan sangat menyenangkan bisa bertanding dengan salah satu Tim terbaik di dunia. Kami akan mempersiapkan diri sebaik mungkin untuk menjalani dua pertandingan dengan performa terbaik kami..... Ya, ini sangat sulit bagi kami, tapi kami selalu siap untuk bertanding dengan Tim manapun".

"Bayern Munchen belum pernah bertemu dengan Shakhtar Donetsk sebelumnya, Klub asal Ukraina yang pernah mereka lawan adalah Dynamo Kyiv. Pertandingan ini bisa dibilang buta kekuatan lawan".

Pada drawing berikutnya ada nama Arsenal VS Monaco. Hasil undian ini sesuai dengan harapan Wenger yang ingin bernostalgia pada mantan Klubnya tersebut. Ini akan menjadi semacam reuni baginya.

Arsene Wenger adalah mantan pelatih As Monaco dari tahun 1987 sampai tahun 1994. Prestasi tertingginya adalah membawa As Monaco menjadi juara League1 tahun 1988.

"Faktanya Arsenal belum pernah bertemu dengan As Monaco dalam kompetisi bergengsi. Tapi pengalaman Arsene Wenger bisa menjadi modal bagi Arsenal untuk mencuri tiket ke babak 8 besar".

Hasil Drawing 16 besar liga champions yang terakhir : FC Basel VS FC Porto. Catatan lima pertandingan terakhir FC Porto lebih bagus jika dibandingkan dengan catatan lima pertandingan FC Basel. FC Porto mencatat 3 kemenangan tanpa sekalipun kalah, sedangkan FC Basel hanya mampu mencetak dua kemenangan dua kali kalah dan satu kali seri.

Catatan pertandingan tersebut tentu tidak bisa dijadikan patokan, terlebih lawan FC Basel terdapat dua Tim Besar yakni Real Madrid dan Liverpool. Pada catatan lain FC Porto hanya kalah sekali dalam 6 pertandingan melawan Klub asal Swiss.

"FC Porto mempunyai kans yang sangat kuat untuk memenangkan satu tiket ke babak delapan besar. Disisi lain FC Basel bukan tanpa peluang, terbukti mereka juga mampu mengalahkan Liverpool".

0 komentar:

Posting Komentar